Rabu, 10 April 2013

Hari H Pilkades Desa Temuwangi gunakan pakaian adat Jawa , sementara pemilih berduyun - duyun antri panjang

Hari ini tepat Kamis Kliwon tanggal 11 April 2013 perhelatan Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) Desa Temuwangi di gelar tepat di halaman SD Negeri II Temuwangi.Sesuai dengan keputusan yang telah di tentukan , bahwa seluruh panitia , BPD , RT , RW, PKK  dan seuruh komponen yang terkait adalah menggunakan pakaian adat Jawa yaitu berupa Beskap bagi yang laki - laki dan Kebaya bagi perempuan.
 Sejak pagi hari seluruh
Ketua RT , Ketua RW , BPD , Panitia  , Perangkat Desa  dan PKK sudah siap  menyambut datangnya warga yang akan menggunakan hak pilihnya. Tidak terkecuali  peran serta dari warga Desa Temuwangi , semuanya tumplek bleg di arena Pilkades hari ini. Antrian panjang mengular tak henti - hentinya di lakukan oleh warga Desa Temuwangi ini. Sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) bahwa hari jumlah warga yang akan menggunakan hak pilihnya berjumlah 2963 orang.
Antrian panjang tidak bisa di tolak karena antusiasme dari seluruh warga Desa Temuwangi sangat tinggi dalam rangka untuk suksesi Pilkades pada hari ini. Karena satu suara dari warga Desa Temuwangi akan menentukan bagi kelangsungan pembangunan Desa Temuwangi baik dari segi maupun non fisik.
Mengantisipasi antrian panjang , maka personel keamanan dalam hal ini  Polisi , Koramil dan Linmas sangat sigap sekali dalam mengatur dan mengkondisikan para pemilih.Sehingga para tamu yang akan menggunakan hal pilih di persilakan duduk sambil menunggu antian di depanya.
Juga di sampaikan pada  saat ini dari berbagai media massa datang ke lokasi Pilkkades Desa Temuwangi. Banyak  wartawan yang meliput  baik dari media TV maupun dari wartaman media cetak. Saat ini  beberapa media  yang akan meliput di antaranya : dari Jogja TV , SCTV , Metro TV ,dan untuk media cetak dari  harian Joglo , radar, dan lain - lain.
Pilkades Desa Temuwangi pada kali ini  adalah Pilkades yang eklusif  ( lain  dari yang lain ) , karena  , seluruh  komponen penting mulai dari Ketua RT , Ketua RW, Perangkat Desa, BPD , Panitia, PKK   seuuanya menggunakan pakaian adat Jawa. Hal ini di maksudkan untuk :
  1. Nguri - nguri budaya adi luhung  berkaitan dengan pakaian adat Jawa;
  2. Sekaligus mengayubagyo hari Kartini yang pada setiap bulan April di peringati oleh bangsa Indonesia;
  3. Melestarikan dan memberdayakan /melestarikan pakaian adata Jawa di Tengah pesatnya teknologi dan dan informasi yang secara perlahan tapi pasti telah  menghilangkan budaya Jawa dalam berpakaian . Kita lihat anak - anak muda sekarang sudah tidak peduli lagi dengan hal semacam ini. Tentu kita prihatin dan ini menjadi tugas kita bersama  untuk menjadi pengaman dan penerus generasi yang senantiasa peduli kepada budaya sendiri.

 MAAF   ISTIRAHAT SEBENTAR....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas perhatian anda dengan ihlash memberikan komentar pada kesempatan ini , yang sangat kami harapkan demi kemajuan Desa Temuwangi. Semoga .