Kamis, 04 April 2013

HARI H PILKADES DESA TEMUWANGI KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN MENGGUNAKAN PAKAIAN ADAT JAWA


Menghadapi  pelaksanaan Pemilihan Kepala  Desa ( Pilkades ) Desa Temuwangi Kecamatan Kabupaten Klaten pada hari Kamis Kliwon tanggal 11 April 2013, sejumlah persiapan dan tahapan Pilkades di laksanakan dengan tepat waktu dan sesuai dengan prosedur. Sesuai jadwal tahapan Pilkades yang telah di putuskan bahwa tanggal 4 s/d 9 April 2013 adalah menyampaikan edaran surat pemberitahuan / Undangan kepada warga masyarakat. Dari pemantauan hari kemarin panitia sudah memulai melaksanakan tahap tersebut.
Sebagai informasi bahwa tahap berikutnya adalah tanggal 10 April 2013 yaitu melakukan Undian tanda gambar , dan tanggal 11 April 2013 ,merupakan hari H  pelaksanaan Pilkades.
Sesuai dengan hasil rapat yang di laksanakan oleh Badan Permusyawaratan  Desa ( BPD ) Desa Temuwangi 18 Maret 2013  yang lalu , bahwa dalam rangka untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkades Desa Temuwangi telah di putuskan antara lain tentang pemakaian pakaian adat Jawa  dengan beskap dan kebaya. Hal ini  bertujuan :

  1.  Melestarikan  budaya adi luhung ;
  2. Turut memperingati Hari Kartini yang setiap bulan 21 April di peringati oleh bangsa Indonesia;
  3. Memberikan sentuan tersendiri bagi Desa Temuwangi , bahwa di balik kemajuan zaman yang sedemikian pesat  , masyarakat  Desa Temuwangi  tetap menyatu , peduli  dan  nguri – nguri budaya Jawa dalam berpakaian , dengan tetap memberikan pencerahan yang  arif dan bijaksana;
Pada hasil rapat yang di prakarsai oleh Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Desa Temuwangi itu , bahwa yang akan memakai pakaian beskap ataupun kebaya adalah : Panitia Pilkades sebanyak 25 personel , BPD sebanyak 9 personel , PKK ( khusus pengurus ) sebanyak 22 personel , ketua RT sebanyak 33 personel , dan ketua RW sebanyak 6 personel .Sedangkan untuk Linmas tetap menggunakan pakaian resmi  . Hal ini di sebabkan bahwa personel keamanan ini lebih banyak bekerja di lapangan . Sedangkan calon Kepala Desa juga menggunakan pakaian adat Jawa.Sehingga pada saat hari pelaksanaan Pilkades di Desa Temuwangi ada  96 personel menggunakan pakaian adat Jawa.Tentu ini merupakan sejarah dan  moment penting  bagi warga Desa Temuwangi dalam rangka suksesi Pilkades tanggal 11 April 2013 minggu depan.Di samping itu juga akan memberikan informasi kepada public , bahwa masyarakat Desa Temuwangi adalah masyarakat yang santun , bijaksana , njawani ,rukun dan  damai . Namun tetap dinamis dalam perkembangan  dan tetap akuntabel dalam bekerja dan mengabdi.
Jumlah pemilih pada pelaksanaan Pilkades di Desa Temuwangi berjumlah 2.933 orang. Data ini merupakan data valid yang di peroleh dari DPT ( Daftar Pemilih Tetap ) yang sudah di syahkan oleh Panitia. Jumlah itu tersebar dalam 33 ( Tiga Puluh Tiga ) RT di 6 ( Enam ) wilayah RW di Desa Temuwangi . Selanjutnya para pemilih tersebut , akan berbondong – bondong  pada hari Kamis Kliwon tanggal 11 April 2013 bertempat di halaman SD Negeri II Desa Temuwangi. Untuk mengantisipasi warga yang akan menggunakan hak pilihnya , dari  simpatisan warga setempat sudah menyediakan angkutan berupa mobil untuk antar jemput warga ke lokasi pencoblosan . Sehingga tidak ada alasan warga tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Semua di layani dengan lengkap , senang hati dan ramah.
Di sampaikan oleh BPD Desa Temuwangi , pada beberapa sosialisasi dan rapat – rapat yang di laksanakan baik  bersama Pemerintahan Desa , Paguyuban RT RW , BKM , UPK ,PKK, Takmir Masjid ,Karang Taruna , Paguyuban Kesenian dan perkumpulan – perkumpulan lain yang ada di wilayah Desa Temuwangi , bahwa target yang akan di capai dalam pelaksanaan Pilkades ini kecuali terpilihnya Kepala Desa yang sesuai dengan aspirasi warga , juga tercapainya target 100% ( Seratur Persen ) warga menggunakan hak pilihnya bagi yang sudah memenuhi persyaratan dengan baik.Sehingga untuk mencapai kesuksesan semua itu ,BPD sudah berkali – kali menyampaikan kepada Ketua RT dan RW untuk mencapai tujuan tersebut dengan selalu menyampaikan kepada warganya.
Sejumlah persiapan juga sudah di mantapkan , antara lain : Petugas logistic Pilkades , sewa panggung , sound system , Disel , lampu, meja besar , konsumsi , dokumentasi , keamanan , tempat , surat ijin , dan semua peralatan yang di butuhkan 9 ( termasuk administrasi )  . Jangan sampai mengecewakan warga yang sudah mempunyai hak pilih , Muspida , Muspika , para pemilih , pemantau , wartawan ,  pengunjung dan siapa saja yang akan hadir di lokasi SD Negeri II Desa Temuwangi pada Hari Kamis Kliwon , 11 April 2013 mendatang. Semua harus prima  dan profesional dalam melaksananaan tugas  . Demikian di tegaskan oleh Ketua BPD Desa Temuwangi  , Purnadi S.Pd.
Berkaitan dengan beskap  ataupun kebaya , bahwa  kecuali petugas Pilkades , yang akan melaksanakan tugas di lokasi . Maka kepada Ketua RT , Ketua RW , BPD dan PKK akan bertugas sebagai Among Tamu. Sehingga seluruh Among Tamu harus menyambut warganya dengan ramah . Juga di harapkan membantu kepada para warga yang akan menempati tempat duduk , agar kepada para Among Tamu tetap bisa mengatur  dan menempatkan dengan nyaman bagi warga. Jangan sampai ada warga atau tamu  yang tidak terlayani dengan baik.
Pada saat ini , calon Kepala Desa Temuwangi yang akan bertarung pada hari Kamis , 11 April 2013 , adalah Marwan Tujiarto  ST  melawan kotak kosong. Untuk memberikan informasi kepada public perihal informasi Desa Temuwangi ataupun seputar Pilkades , maka bisa membuka situs http://desatemuwangi.blogspot.com  dan dengan alamat email : desatemuwangi@gmail.com. Semoga Pilkades khususnya di Desa Temuwangi Kecamatan Pedan dan seluruh Desa / Kelurahan se-Kabupaten Klaten yang akan melaksanakan pada tanggal 11 april 2013 , dapat berjalan dengan sukses tanpa ekses. Amiin. ( Ketua BPD Desa Temuwangi )

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas perhatian anda dengan ihlash memberikan komentar pada kesempatan ini , yang sangat kami harapkan demi kemajuan Desa Temuwangi. Semoga .